Lahirnya Amerikanya ASEAN

Kontroversi lagu Rasa Sayange yang digunakan sebagai jingle iklan promosi wisata Malaysia belum berakhir. Bahkan, pemerintah Negeri Jiran telah mematenkan lagu tersebut. Padahal, masyarakat Indonesia mengenal Rasa Sayange sebagai lagu daerah Maluku. Perdebatan pun terus memanas di internet. Bahkan, belakangan juga diketahui lagu daerah Betawi, Jali-Jali telah dipopulerkan sebagai lagu dari Langkawi, Malaysia.

Lagu, wayang, batik, reog, angklung, apalagi?

Di mata saya, hanya ada dua alasan kenapa klaim di atas bisa terjadi.

  1. Memang ada overlap budaya antar Malaysia dan Indonesia, yang memang berdekatan dan orang-orangnya serumpun, sehingga entah bagaimana penyebaran hasil budaya ini jadi sedemikian ruwet sehingga tak bisa dijelaskan lagi siapa yang membuat, di mana asalnya, dan seterusnya.
  2. Malaysia memang mau cari perkara.

Coba tengok kemungkinan kedua dulu. Masa sih, ada untungnya kalau Malaysia mencari gara-gara? Dan bukankah kalau mau cari gara-gara lebih gampang dengan menyiksa para TKI? Atau dengan tanpa alasan memukuli ofisial atlet Indonesia yang datang untuk bertanding di Malaysia?

Buat saya, di dunia ini tidak semua hal harus dipatenkan. Tidak semua hal yang kita buat harus dilindungi dari pemakaian oleh pihak lain. Tidak semua hal harus kita klaim sendiri, kita miliki sendiri, kita manfaatkan keuntungannya sendiri.

Kalau soal penemuan teknologi penting yang kita ciptakan dengan susah payah, wajar kalau dipatenkan agar hasil usaha kita dihargai. Namun untuk ini pun, alangkah luar biasanya jika teknologi yang bermanfaat untuk orang-orang kebanyakan ini di-share dengan cuma-cuma.

Menurutmu bagaimana??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: