Tentang Tempe Yang diPetenkan Pihak Luar

Pematenan Tempe Oleh Pihak Luar Negeri

Pengertian paten menurut WIPO adalah sebuah hak khusus yang diberikan bagi sebuah penemuan yang mana adalah sebuah produk atau proses yang memberikan cara baru dalam melakukan sesuatu atau menawarkan solusi baru terhadap suatu masalah. Menuru jenisnya paten ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain, Paten Produk, paten jenis ini melindungi semua cara penggunaan produk, terlepas dari cara diperolehnya, kemudian jenis paten proes, paten ini melindungi proses dari penemuanya,peten ini dipilih jika produk yang dihasilkannya tidak lagi baru, kemudian ada jenis paten product by proses, perlindungan dibatasi dalam tahap tahap produksi suatu produk, produk sudah ada namun produknya baru. Maka di klaim produk yang lahir dari proses yang baru, klaim seperti ini tidak signifikan jika undang undang yang ada sudah melarang penyalahgunaan produk yang sudah dipatenkan, akan bergunajika produk tersebut belum ada unformasi yang cukuop akan eerensinya mengenai komposisi, struktur, atau parameter terukur lainnya.

Dari artikel yang saya lampirkan membahas tentang berita tentang pematenan tempe, ada yang menerangkan bhwa produk tempe sudah dipatenkan dibeberapa negara seperti Jepang dan Amerika, kalau sekilas kita baca dengan pemikiran awan, hal ini membuat marah hati kita sebagai bangsa idonesia yang sudah turun temurun megenal tempe dan merupakan cirikhas yang sejak dulu telah ada. Pada tahun 2007, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah Departemen Perindustrian RI mendokumentasikan ada dua hak patent internasional rakyat Indonesia soal TEMPE yang merupakan produk bersama masyarakat, khususnya masyarakat intellectual. Hingga tahun 2007 hanya dua paten tempe dari Indonesia yang diakui secara internasional dan lima belas dari Amerika dan lima dipatenkan oleh Jepang. Dilain pihak Indonesia memiliki banyak kedelai dan juga produksi tempe rakyat.

Jika kita melihat hal tersebut dengan pandangan secara umum, kita menilai luar negeri yang mematenkan tempe ini telah mencuri produk masyarakat Indonesia dan menjadikannya sebagai hak milik yang diakui oleh inetnasional, namun jika diperhatikan secara seksama menrut ketentuan paten itu sendiri, pematenan tempe ini sah saja, jika terbukti terdapat perbedaan proses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: