Tongkang Alternatif Untuk Berinovasi

Tongkang adalah alat angkut yang mempunyai jalur pelayaran menyusuri pantai, karena sistem konstruksi dari tongkang ini tidak sesuai dengan karateristik laut dalam dimana ombak yang besar akan menghambat pergerakan tongkang. Ada saatnya tongkang merupakan alat angkut yang ekonomis, dan ada kalanya alat angkut ini tidak bisa digunakan karena alasan tertentu, economis karena struktur konstruksinya yang sederhana, sehingga dalam pebuatannya tidak memakan waktu yang lama dan biaya pembuatan lebih murah dan juga memiliki daya angkutnya yang banyak, kemudian waktu dalam bongkar muat barang yang cukup cepat, kelemahan dari tongkang ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan cukup lama.

Pada jalur pelayaran Jakarta-Pontianak ini merupakan jalur dimana untuk mencapai pontianak harus melewati sungai yang memiliki kedalaman yang tidak cukup dalam dan juga mempunyai karaterstik pasang surut yang rapat, jadi dalam pengiriman barang membutuhkan alat angkut yang sesuai dengan karateristik ini. Sedangkan kebutuhan akan barang yang dibutuhkan cukup besar, jadi alat angkut yang dibutuhkan adalah yang dapat mengangkut dalam jumlah besar tetapi juga dapat melewati sungai yang mempunyai kedalaman yang tidak cukup dalam.

Dari beberapa alat angkut barang yang ada, yang cocok dari kareteristik jalur ini adalah jenis tongkang dimana mempunyai sarat air yang kecil dan juga daya angkut yang cukup besar. Tetapi menggunakan jenis ini jalur pelayaran menjadi lebih panjang karena harus menyisir pantai pulau sumatera yang kemudian menyebrang menuju pantai yang kemudian memasuki kawasan sungai menuju Pontianak, yang otomatis waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Tantangan berikutnya apakah dengan penemuan yang sudah ada bisa menggantikan tongkang agar lebih cepat dalam pengangkutan tanpa menghilangkan daya muat dan karateristik tongkang ini,  Indonesia Berinovasilah…

untuk sekarang peran SPCB pengembangan dari tongkang belum banyak dipakai di Indonesia, apa produk ini belum bisa menggantikan tongkang? atau masih terlau mahal untuk pebisnis maritim di Indonesia..Para anak muda Tunjukan ide mu dalam bidangmu,,tetap semangat berinovasi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: