Menentukan Keberadaan Titik Pusat Ekonomi di Daerah Asal dan Range Dari Pusat Ekonomi

Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tentu saja banyak aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat kota yang Surabaya yang terkenal akan dunia perdagangan, industri, pendididkan dan bisnis ini. Dengan kawasan Surabaya yang begitu luas, maka dapat kita ambil sebagai contoh yaitu titik pusat ekonomi diambil dari pusat perbelanjaan yang modern Darmo Trade Center (DTC) yang digabung dengan pasar tradisional Wonokromo yang merupakan pusat kegiatan ekonomi yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari daerah perkotaan hingga daerah pinggiran kota. Hal ini dimungkinkan karena letak dari pasar tersebut relative dekat dengan pusat fasilitas yang lain misalnya Stasiun Wonokromo dan juga fasilitas umum seperti terminal Joyoboyo, dan Bank BRI yang notabene banyak dikunjungi oleh masyarakat Surabaya.

Banyak produk-produk yang dijual dipasar tersebut umumnya barang-barang konsumsi rumah tangga dan perlengkapan rumah tangga yang sering dibutuhkan oleh masyarakat. Keadaan masyarakat kota Surabaya yang sudah modern menjadikan pusat perbelanjaan DTC dan pasar Wonokromo ini menjadi lebih ramai apabila dibandingkan dengan jenis pasar lainnya. Aktifitas yang terjadi ditempat ini berlangsung kurang lebih lima belas jam tiap harinya. Sehingga perpaduan antara pasar tradisional dan DTC ini sangat sesuai bila dijadikan pusat aktifitas ekonomi di kota Surabaya.

Supaya kegiatan di tempat tersebut dapat berlangsung dengan lancar dan tertata lebih efisien, maka diharapkan terdapat pasar yang memiliki letak yang strategis sehingga dapat menopang perekonomian kota karena arus aktifitas ekonomi yang berjalan sangat cepat dan dinamis. Dengan adanya akses yang mudah, maka masyarakat yang berasal dari tempat yang jaraknya lumayan jauh bisa menjangkau pasar tersebut, karena distribusi pendapatan di kota Surabaya sangat bervariasi.

Apabila menjelang hari Lebaran yang sebelumnya diawali dengan bulan puasa, maka akan terjadi lonjakan yang besar terhadap permintaan suatu barang. Masyarakatpun berubah pola permintaan terhadap suatu barang menjadi lebih konsumtif, karena berhubungan dengan hari raya umat Islam tersebut. Pada saat-saat tersebut jumlah pengunjung mengalami kenaikan yang sangat signifikan sehingga harus dibuat suatu system dimana dapat memenuhi permintaan pengunjung. Pengunjung yang datang, umumnya berasal dari daerah yang jaraknya agak jauh dari kegiatan ekonomi pusat kota Surabaya . Maka, diharapkan penataan akses menuju pasar yang teratur dan lebih efisien agar pengunjung yang datang ke tempat tersebut memperoleh kepuasan yang maksimal dalam berbelanja.

Peranan pemerintah daerah kota Surabaya diharapkan untuk menata ulang daerah operasi pasar tersebut dan juga fasilitas pendukung yang lebih rapi dan terkoordinasi yaitu seperti jalur angkutan kota yang diperlebar dan lebih rapi. Sehingga setiap masyarakat yang masuk dalam range pasar, dapat terlayani dengan baik khususnya untuk masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari tempat tersebut. Range dari pasar Wonokromo dan DTC adalah Waru, Sepanjang, Jemur Sari, Ngagel,daerah Diponegoro dan Darmo.

One Response

  1. info yang bagus buat yang baru datang kesurabaya..
    ehmm..kepada sang pemilik blog..info2nya berguna bgt..

    boleh request ga??aq tertarik bgt ma hal2 yang berkaitan dengan jepang..dari segi apapun aq suka jepang..totemo ga suki da..

    jadi aq harap ada hal2 tentang jepang yang bisa diinfokan..trutama bwat pendidikan s2 ke jepang,hal yang selama ini aq imipikan..ato paling nggak yang berkaitan dengan pendidikan yang sedang aq ambil..yakni ocean engineering..bisa ttg coastal ato semacamnya..

    domo arigatougozaimasu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: