Tentang Persediaan Barang

Definisi dan Fungsi Persediaan Persediaan adalah sumber daya menganggur (idle resources) yang mengunggu proses lebih lanjut. Yang dimaksud dengan proses lebih lanjut tersebut adalah berupa kegiatan produksi pada sistem manufaktur, kegiatan pemasaran pada system distribusi ataupun kegiatan konsumsi pangan pada sistem rumah tangga. (Dikutip dari : perencanaan pengendalian dan produksi Timbulnya persediaan dalam suatu sistem, sistem manufaktur maupun non manufaktur adalah akibat dari 3(tiga) kondisi sebagai berikut:

1. Mekanisme pemenuhan atas permintaan (transaction motive). Permintaan akan suatu barang tidak akan dapat dipenuhi dengan segera bila barang tersebut tidak tersedia sebelumnya, karena untuk mengadakan barang tersebut diperlukan waktu untuk pembuatannya maupun pengadaannya. Hali ini berarti bahwa adanya persediaan merupakan hal yang sulit dihindarkan.

2. Adanya keinginan untuk meredam ketidakpastian (precautionary motive). Ketidakpastian yang dimaksud adalah:

a. Adanya permintaan yang bervariasi dan tidak pasti jumlah maupun waktu kedatangan

b. Waktu tunggu (lead time) yang cenderung tidak pasti karena berbagai faktor yang tak dapat dikendalikan sepenuhnya.

c. Keidakpastian ini akan diredam oleh jenis persediaan yang disebut persediaan pengaman (safety stock). Persediaan pengaman ini diguanakan jika permintaan melebihi peramalan produksi lebih rendah dari rencana atau waktu ancang- ancang(lead time) lebih panjang dari perkiraan semula.

3. Keinginan melakukan spekulasi (speculative motive) yan bertujuan mendapatkan keuntungan besar dari kenaikan harga barang di masa mendatang.

Masalah Umum Persediaan Dua masalah umum yang dihadapi suatu system didalam mengelola persediaan adalah sebagai berikut :

1. Masalah kuantitafif, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan penentuan kebijaksanaan persediaan adalah :

a. Berapa banyak jumlah barang yang dipesan.

b. Kapan pemesanan barang dilakukan.

c. Berapa jumlah persedian pengamannya.

d. Metode pegendalian persediaan mana yang paing tepat.

2. Masalah kualitatif, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan system pengoperasian persediaan yang akan menjamin kelancaran pengelolaan system persediaan seperti ;

a. Jenis barang apa yang dimiliki.

b. Dimana barang tersebut berada.

c. Siapa saja yang menjadi pemasok.

Masalah utama persediaan bahan baku adalah menentukan berapa jumlah pemesanan yang ekonomis, dimana jumlah bahan baku dan kapan bahan baku dipesan dapat meminimasi ordering cost dan holding cost. Tujuan dari system pengendalian persediaan adalah mencari jawaban optimal baik terhadap maslah-masalah kuantitatif maupun masalah-masalah kualitatif yang timbul pada suatu sistem persediaan sehinga persediaan barang yang ada dapat berfungsi seperti yang diharapkan. Biaya-Biaya Dalam Sistem Persediaan Secara umum dapat dikatakan bahwa biaya sistem persediaan adalah semua pengeluaran dan kerugian adanya persediaan. Biaya sistem persediaan terdiri dari biaya pembelian, biaya pemesanan, biaya simpan dan biaya kekurangan persediaan, berikutadalah masing-masing komponen tersebut.

1. Biaya pembelian (purchasing cost) Biaya pembelian adalah biaya yang dikeluarkan untk membeli barang. Besarnya biaya pembelian ini tergantung pada jumlah barang yang dibeli dan harga satuan barang.

2. Biaya pemesanan (ordering cost) Biaya pemesanan adalah semua pengeluaran yang timbul untuk mendatangkan barang dari luar. Biaya ini meliputi biaya untuk menentukan pemasok (supplier), pengetikan pesanan, pengiriman pesanan, biaya pengangkutan, biaya peneriamaan. Biaya ini diasumsikan konstab untuk setiap kali pesan.

3. Biaya penyimpanan (holding cost) Biaya simpan adalah semua pengeluaran yang timbul akibat menyimpan barang, biaya itu meliputi:

a. Biaya memiliki persediaan (biaya modal) Penumpukan barang di gudang berarti penumpukan modal, dimana modal perusahaan mempunyai ongkos (expense) yang dapat diukur dengan suku bunga bank. Oleh karena itu, biaya yang ditimbulkan karena memiliki persediaan harus diperhitungkan dalam biaya sistem persediaan. Biaya memiliki persediaan diukur sebagai presemtase nlai persediaan untuk periode waktu tertentu.

b. Biaya Kerusakan dan Penyusutan Barang yang disimpan dapat mengalami kerusaan dan penyusutan karena beratnya berkurang maupun jumlahnya berkurang karena hilang. Biaya kerusakan dan penyusutan biasa diukur dari pengalaman sesuai presentasenya.

c. Biaya Asuransi. Barang yang disimpan diasuransikan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diingnkan. Biaya asuransi tergantung jenis barang yang diasuransikan dan perjanjian dengan perusahaan asuransi.

4. Biaya kekurangan persediaan (shortage cost) Bila perusahan kebhabisan barang pada saat ada permintaan, maka akan terjadi keadaan kekurangan persediaan. Keadaan ini akan menimbulkan kerugian karena proses produksi akan terganggudan kehilangan kesematan mendapatkan keuntungan atau kehilangan konsumen karena kecewa. Biaya kekurangan persediaan dapat diukur dari:

a. Kuantitas yang tidak dapat dipenuhi Biasanya diukur darikeuntungan yang hilang karena tidak dapat memenuhi permintaan atau dari kerugian akibat terhentinya proses produksi dengan satuan misalnya Rp/unit.

b. Waktu pemenuhan Lamanya laangan penumpukan yang kosong berarti lamanya proses produksi terhenti atau lamanya perusahaan tidak mendapatkan keuntungan, sehingga waktu menganggur tersebut dapat diartikan sebagai uang yang hilang. Biaya waktu pemenuhan diukur berdasarkan waktu yang diperlukan untuk memenuhi lapangan penumpukan dengan satuan misalnya Rp/satuan waktu.

c. Biaya pengadaan darurat. Supaya konsumen tidak kecewa maka dapat dilakukan pengadaan darurat yan biasanya menimbulkan biaya yang lebih besar dari pengadaan normal, ini dapat dijadikan ukuran untuk menentukan biaya kekuranga persediaan denga satuan misalnya Rp/setiap kali kekurangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: